Trik Dalam Menawar Tanah

Trik Dalam Menawar Tanah – Seringkali kita menemukan proses tawar menawar dalam transaksi jual beli. Begitu pula dalam jual beli property, termasuk tanah. Kemampuan tawar menawar penting untuk menjaga agar harga yang diberikan oleh penjual tidak terlalu tinggi. Apalagi jika kita mencari tanah dijual di lokasi strategis.

Diperlukan beberapa trik dalam melakukan penawaran agar tercapai kesepakatan dengan penjual. Berikut adalah beberapa trik yang bisa Anda coba:

Kumpulkan sebanyak mungkin informasi mengenai tanah yang Anda incar. Cari tahu apakah tanah tersebut berada di lokasi strategis.atau tidak.

Gali informasi mengenai berapa lama tanah tersebut sudah ditawarkan, apakah baru saja atau sudah lebih dari 2  bulan. Informasi ini bisa memberikan Anda gambaran tentang tanah tersebut baik dari segi harga yang ditawarkan, keabsahan pemilikan lahan, ataupun yang lainnya.

Jika memungkinkan, carilah informasi mengenai alasan tanah tersebut dijual. Bisa dengan menanyakan kepada orang – orang yang tinggal di sekitar tanah tersebut. Jika si penjual menjual tanah dikarenakan butuh uang cepat, Anda memiliki kemungkinan untuk menawar dengan harga di bawah harga pasar.

Selanjutnya adalah melakukan penawaran berdasarkan info yang telah Anda kumpulkan tadi. Pada umumnya, penjual memberikan harga di atas harga pasar demi meraih keuntungan. Tawarlah tanah tersebut dengan harga mendekati atau bahkan sama dengan harga yang berlaku di pasaran untuk lokasi tersebut. Perlu diingat bahwa proses tawar menawar ini bisa berlangsung lama, sampai tercapai kata sepakat diantara penjual dan pembeli.

Tinggalkan komentar