Menabung Untuk Membeli Rumah

bank_for_children

Menabung Untuk Membeli Rumah – Saat ini umur kalian berapa guys? 15 tahun, 20 tahun, atau bahkan lebih dari 30 tahun? Jika sudah lebih dari 30 tahun, apakah masih tinggal di rumah orang tua, atau bahkan sudah punya rumah sendiri? JIka masih tinggal di rumah orang tua, adakah rencana untuk memiliki rumah sendiri suatu saat nanti?

Rumah merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia selain sandang dan pangan. Rumah berfungsi sebagai tempat berlindung bagi manusia sekaligus tempat beritstirahat. Dengan kata lain, memiliki rumah merupakan sesuatu yang bersifat wajib.

Namun masih banyak orang yang tidak mampu untuk memiliki rumah sendiri. Butuh biaya yang tidak sedikit untuk membangun rumah atau untuk sekedar membeli rumah dijual oleh pengembang atau oleh perseorangan. Tentu kita tidak ingin menjadi bagian dari mereka yang kurang beruntung memiliki rumah bukan?

Sebenarnya, kita bisa memanfaatkan KPR untuk membeli rumah yang kita inginkan disesuaikan dengan pendapatan kita perbulan. Pembelian rumah melalui KPR bisa memakan waktu bertahun-tahun, disesuaikan dengan nilai cicilan yang harus dibayarkan perbulan. Perlu diingat bahwa saat ini ada berbagai lembaga pembiayaan yang menawarkan KPR tentu dengan nilai bunga yang berbeda antara satu lembaga dengan yang lainnya. Yang perlu kita lakukan adalah dengan mengajukan aplikasi pembelian rumah melalui KPR kepada pihak Bank yang menyediakan fasilitas tersebut.

Sayangnya, tidak semua aplikasi pengajuan KPR disetujui oleh pihak Bank. Berikut adalah salah satu cara untuk mengetahui apakah permohonan kita bisa disetujui oleh Bank atau bahkan ditolak:

  • Perlu diketahui bahwa pihak bank hanya akan menyetujui nilai angsuran maksimal 30% x gaji perbulan kita. Jika nilai angsuran tersebut ternyata melebihi itu, bank akan menilai bahwa angsuran tersebut memberatkan kita dan sangat mungkin untuk ditolak.
  • Bagaimana jika ternyata gaji kita dibawah Rp 2,5 juta /bulan? Pemerintah menyediakan subsidi pembelian rumah dengan syarat untuk pembelian rumah pertama. Keuntungannya adalah nilai angsuran yang lebih kecil bahkan bisa sampai setengahnya.

Cara terbaik untuk membeli rumah adalah dengan menabung. Jadi biasakan diri kita utuk menyisihkan pendapatan kita untuk membeli rumah Mungkin uang tabungan yang kita kumpulkan nanti tidak cukup untuk membeli rumah yang kita inginkan. Namun, uang tabungan tersebut bisa kita gunakan sebagai uang muka sehingga kita bisa memperpendek jangka pembayaran cicilan rumah. Selamat menabung.

Tinggalkan komentar